Cara Belajar Teknik Pukulan di Padepokan Pencak Silat Trigunasakti

cara melatih pukulan tenaga dalam,cara melatih pukulan tinju,cara melatih pukulan jarak jauh,video melatih pukulan,cara melatih pukulan agar keras dan cepat,melatih pukulan mematikan,cara melatih pukulan mematikan,cara memukul orang dengan keras
Aplikasi Pukulan Untuk Mematahkan benda keras
Belajar pencak silat pasti belajar tangkisan dan pukulan, banyak para murid terkadang saya perhatikan saat latihan belajar pukulan tidak serius bahkan terkesan bercanda. Mengakibatkan hukuman push up atau hukuman lainnya yang diterima.

Ohya...buat teman-teman yang sedang latihan saya harap Anda harus serius, dengarkan intruksi para pelatih saat memberikan arahan tentang bagaimana melakukan teknik pukulan. Penting sekali hukumnya untuk konsentrasi saat latihan.

Pukulan adalah serangan yang di lakukan dengan tangan tangan kosong (tanpa senjata) sebagai alatnya. Apabila Anda sudah menguasai teknik pukulan jangan sembarangan menggunakannya ingat prinsip 3 N yang di ajarkan oleh bapak Dasuki Rahmat. Pada dasarnya prinsip serangan yang menggunakan pukulan dapat di gunakan untuk menyerang bagian tubuh lawan saat berada di arena maupun di luar arena.

Jenis Pukulan yang di Ajarkan di Padepokan Pencak Silat Trigunasakti :
  1. Pukulan Lurus
  2. Pukulan Atas
  3. Pukulan Bawah
  4. Pukulan Bandul
  5. Pukulan Taichi
  6. Pukulan Butong
  7. Pukulan Samping
  8. Pukulan UpperCat
 Cara Melakukan Teknik Pukulan :
  • Sikap Sempurna
  • Sikap Pasang Kuda-Kuda Lurus (Telapak kaki membuka lebar selebar 10cm dari jarak bahu Anda posisi tangan di samping pinggang)
  • Posisi tangan Mengepal erat di samping perut dan posisi badan tegap pandanga lurus kedepan.
  • Lakukan pukulan kedepan menggunakan tangan kanan (posisi tangan jangan lurus 180derajat) tapi agak nekuk kisaran 160 - 170 derajat. Tujuannya agar tidak mudah di patahkan saat tangan Anda tertangkap lawan.
  • Ulangi pukulan kedepan saat ini tangan kiri, cara sama hanya saja tangan kembali ke posisi semula di samping perut.
  • Ulangi Sampai 10 hitungan terus kembali keposisi sempurna
  • Bila ingin melakukan lagi dari atas hingga kembali keposisi sempurna kembali

Bisa karena terbiasa dan kebiasaan itu di bangun karena niat yang tulus. Apakah Anda ingin tahu tentang bagaimana cara melatih kekuatan pukulan tanpa bantuan teman alias latihan saat sendiri.Berikut beberapa tips dan trik dari saya cara melatih pukulan. Seperti yang kita ketahui, pukulan yang kuat akan memberikan rasa sakit yang besar pada lawan. Bahkan tak jarang bisa sampai menyebabkan pingsan. Cara untuk melatih kekuatan pukulan antara lain:

  • Melakukan push up rutin setiap hari minimal 50 kali. Bagi yang belum terbiasa bisa mengawalinya dengan 20 kali push up kemudian ditingkatkan hitunggannya tiap hari. Memang bagi yang baru pertama melakukannya akan terasa sakit di bagian pangkal lengan (dekat pundak). Tapi setelah terbiasa rasa sakit itu akan hilang dengan sendirinya meskipun setiap hari kita melakukan push up.
Teknik push up juga bisa di variasi, bisa dengan tangan mengepal atau posisi nyakar. Setelah terbiasa bisa dilanjutkan dengan push up menggunakan satu tangan saja.
  • Melatih pukulan dengan memberikan beban pada tangan. Beban dapat menggunakan pemberat yang biasanya dijual di toko olahraga. Atau jika tidak ingin mengeluarkan uang bisa membuat barbel sendiri menggunakan kaleng bekas susu. Latihan ini juga harus dilakukan secara rutin setiap hari. Hasil latihan akan terasa saat beban kita lepaskan, pukulan akan terasa ringan dan cepat.
  • Melatih pukulan langsung pada sasaran. Karena latihan dilakukan secara mandiri, sasaran yang digunakan dapat berupa sandsak. Sandsak juga banyak dijual di toko olahraga. Atau kalau tidak ingin mengeluarkan uang anda bisa membuatnya sendiri menggukan gabah atau pasir. Pukullah samsak dengan keras untuk melatih kekuatan pukulan anda.

Nah kemudian setelah anda melakukan cara diatas, lengkapilah latihan anda dengan latihan dibawah:

1. Mematikan lilin dengan pukulan
Nyalakanlah lilin dan matikan lilin tersebut dengan pukulan , kira-kira dengan jarak 3 cm. Lalu setelah terbiasa naikkan menjadi 4 cm dan seterusnya.
2. Memukul kertasBolongin ujung kertas, ikat dan gantungkan ketempat yang anda inginkan. Baru pukul kertas tanpa kena, ingat jangan sampai kena.
3. Memukul tanpa mengenaiLatihan memukul tanpa mengenai target. Untuk pemula beri jarak 3cm lalu dekatkan. Kalau yang sudah ahli bisa sampai kena. Tapi ingat sedikit saja mengenai targetnya.
4. Memukul dan menangkap seranganIni adalah permainan yang mudah. Lakukan permainan ini bersama teman anda. Caranya anda beri pukulan jab dan teman anda menangkapnya.

Tuh serukan latihan pukulan ini, bila di lakukan dengan serius dan konsisten saya yakin Anda bisa dan apabila sudah bisa jangan sombong ingat prinsip 3 N.

Post a Comment

0 Comments