Aliran Pencak Silat di Provinsi Jawa Tengan dan DIY

Pengertian Jawa Tengah secara geografis dan budaya kadang juga mencakup wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Jawa Tengah dikenal sebagai "jantung" budaya Jawa. Meskipun demikian di provinsi ini ada pula suku bangsa lain yang memiliki budaya yang berbeda dengan suku Jawa seperti suku Sunda di daerah perbatasan dengan Jawa Barat. Selain ada pula warga Tionghoa-Indonesia, Arab-Indonesia dan India-Indonesia yang tersebar di seluruh provinsi ini.

Baca Juga :

Sebagai jantung budaya Jawa Tengah juga tidak ketinggalan seni Pencak silatnya. Berikut adalah dafar aliran pencak silat di Jawa Tengah.

Jawa Tengah dan Yogyakarta

  • Padepokan RangJat (Ranggah Jati) Persaudaraan Seni Bela diri Pencak Silat Inti Daya Padepokan Ranggah Jati. Didirikan di Yogyakarta tahun 2012 februari 21, oleh Dwi Warsanto B.N., S.Pd. Kor. Perguruan ini sebelumnya sudah di matangkan dari tahun 2004 di mulai dengan nama Psifisionergi hingga RangJat (Ranggah Jati) sekarang 2012. Di dalam Padepokan RangJat menerapkan, seni ilmu bela diri berlapis, dengan konsep bela diri berdasar kekuatan dan kecepatan atau inti daya atau power.
  • Persilatan Ragajati berpusat di Banjarnegara, Jawa Tengah, didirikan tanggal 6 Agustus 1976 oleh (Alm.) Guru Besar Soeharno Soeroatmodjo. Saat ini Guru Besar Persilatan Ragajati dijabat oleh Agus Hirawan Suro Adi Wijoyo (Mas Agus), yang merupakan putra dari Guru Besar terdahulu.
  • Persatuan Hati (PH) didirikan oleh RM Mangku Pujono (Guru Besar) dan dibantu oleh para sesepuh lainnya di Yogyakarta pada tahun 1927, ini merupakan kelanjutan dari perkumpulan "Be United" tahun 1921.
  • Silat Perpi Harimurti - berasal dari Yogyakarta, didirikan oleh Eyang Sukowinadi yang berguru pada Gusti Harimurti
  • Silat PPS Bela diri Tangan Kosong Merpati Putih - salah satu perguruan dengan jumlah anggota terbanyak di Indonesia. Berasal dari Yogyakarta.
  • Tapak Suci - perguruan silat di bawah ormas Muhammadiyah. Pendirinya berasal dari Banjarnegara dan berkembang di kawasan Kauman, Yogyakarta
  • Pusaka Sakti Mataram Lakutama - perguruan silat yang berasal dari Yogyakarta, didirikan oleh Ki Poleng Sudamala
  • Perguruan Pencak Silat Cepedi (Cepat Pembelaan Diri) - didirikan pada tanggal 17 September 1922 di daerah Dagen kawasan Malioboro barat, oleh Eyang Citra Mangkunagara.
  • Perguruan Bela diri Sinar Perak - merupakan suatu organisasi kekeluargaan bela diri yang secara resmi berdiri pada tanggal 24 Desember 1990.
  • Perguruan Bela diri Garuda Nusantara - didirikan oleh Bapak K.H. Muhammad Thoyyib Sumarko S.Pd. pada tahun 1996. tergolong muda, namun sudah mulai ikut andil dalam keuaraan tingkat jawa tengan maupun Nasional
  • Perguruan Pencak Silat TRIGUNASAKTI - didirikan oleh Bapak Dasuki Rahmat pada tanggal 16 Juli 1984. Trigunasakti berasal dari bahasa sansekerta dan mempunyai semboyan "Berjiwa Sehat, berpikir cerdas, dan Berprestasi".
  • PS Garuda Jisai - Perguruan yg berasal dari Yogyakarta yang di dirikan Oleh FX.Sukirdjo sejak tahun 4 Agustus 1970 Yang beraliran Rasional Dan Religius dan Berazaskan Atas Cipta,Rasa dan karsa.

Post a Comment

1 Comments

  1. kenapa pencak silat nursyah ga kedaftar tu perguruan lahir di pamlang jawa tengah gua pernah bljr di sno. ..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung di Blog TGS, Berkomentarlah dengan baik dan sopan.