Cara Melatih Push Up Yang Benar Bagi Pemula

cara push up wanita,cara push up yang benar,cara push up pemula,cara push up satu tangan,cara push up untuk membentuk otot dada,cara push up mengepal
Ilustrasi Sumber gambar dari google.co.id
Push up adalah kegiatan rutin ketika sedang pemanasan saat latihan pencak silat trigunasakti. Push up sendiri dilakukan bertujuan untuk melatih kekuatan pukulan. Kalau secara umum push up adalah salah cara untuk membentuk otot-otot lengan, tangan dan perut. Sebetulnya push up dapat di lakukan di mana saja, tidak selalu saat latihan berlangsung.

Tahukah Anda, Bila saat anda push up dengan cara yang salah bukannya manfaat yang akan di dapat, tapi efek buruk bagi kesehatan misalnya tangan terkilir dsb. Oleh karena itu buat yang baru latihan atau yang sudah lama mari kita koreksi lagi apakah selama ini push up yang kita lakukan sudah benar atau belum.

Ok, agar tidak terkesan basa-basi saya akan tunjukkan beberapa cara push up yang benar bagi pemula simak baik-baik ya :

1. Push Up di Dinding

Push Up ini adalah untuk pemula caranya berdiri pada dinding yang datar, letakkan ke dua tangan di dinding. Lalu tekuk tangan Anda seperti orang mendorong dengan memajukan badan ke depan dinding. Bila badan sudah mendekati dinding luruskan tangan Anda. Lakukan push up dinding sebanyak yang Anda bisa. Jika sudah terbiasa sebaiknya tambahkan tekanan pada setiap gerakan.

2. Push Up Berlutut
Cara melakukan push up lutut ini adalah posisikan tubuh seperti push up sempurna hanya sebagai tumpuannya adalah lutut dan kaki di silangkan. Letakkan ke dua tangan di lantai dengan lurus dengan pandangan lurus kedepan. Turunkan badan Anda ke lantai secara perlahan, bila sudah mendekati lantai dorong tubuh Anda ke atas seperti posisi awal. Lakukan push up ini semampu Anda bisa ya.

3. Push Up Sempurna

Ini push up adalah push up yang di lakukan banyak orang, namun hanya beberapa orang kesalahan saat melakukannya. Sebaiknya saat melakukan push up tidak perlu menggunakan alas. Caranya adalah letakkan tangan di lantai posisi membuka adalah selebar bahu ya, ingat selebar bahu. Untuk posisi kaki bertumpu pada ujung jari kaki. posisi tubuh lurus sempurna, tidak ada bokong/pantat yang menonjol ke atas. Setelah itu turunkan bahu Anda sampai membentuk sudut 90 derajat. Kemudian dorong bahu dan lengan hingga lurus kedepan dengan tarik nafas. Ulangi semampu Anda.

Setelah tahu tentang cara melatih Push Up yang benar kini saya akan jelaskan beberapa manfaat push up untuk badan. Mau tahu gak? kalau masih membaca sampai sini itu tandanya, anda penasaran. Tu kan sudah mulai senyum-senyum. Setelah saya cari tahu ternyata push up ini mempunyai 15 manfaat, apa saja :

  1. Membentuk Otot Tubuh bagian lengan tangan tangan
  2. Memperkuat Otot Perut
  3. Membantu Kekuatan Tulang
  4. Kekuatan Otot Dada
  5. Meningkatkan Massa Otot Bisep dan Trisep
  6. Menstabilkan Otot Bahu
  7. Membentuk Perut (sixpack)
  8. Memperbaiki Postur Tubuh
  9. Menyeimbangkan Ukuran Tubuh
  10. Melatih Otot Jantung
  11. Meningkatkan Ukuran Payudara
  12. Meningkatkan Sistem Metabolisme Tubuh
  13. Melatih Daya Tahan Tubuh
  14. Latihan Rutin untuk Diet
  15. Mencegah Osteoporosis
Bagaimana banyak bangetkan manfaatnya, bisa jadi Anda ingin menambahkan lagi monggo...Push up itu ada bermacam-macam saat sedang latihan tujuannya ya itu tadi untuk melatih pukulan. Kalau di padepokan trigunasakti itu jenis-jenis push up itu ada macam-macam seperti :
  • Pusp Up Biasa (tangan Membuka)
  • Push Up Mengepal (saat melakukan push up ini usahakan tumpuan di jari telunjuk dan jari tengan ya}
  • Push Up Punggung Tangan (menggunakan punggung tangan sebagai tumpuannya)
  • Push Up Cakar (Push up pakai jari, dari hanya menggunakan 5 jari hingga 1 jari)
  • Push Up Tumpuk (Push Up dengan tumpuan ke dua tangan di jadikan satu telapak tangan membuka ya)
  • Push Up Satu tangan (Gantian mau tangan kiri duluan atau sebaliknya)
  • Push Up bertepuk (Push Up sambil tepuk tangan) udah kayak ulang tahun haahhaha,...
Banyak ya, kira-kira saya bisa tidak melakukannya, ini bukan masalah bisa atau tidak. Bisa atau tidaknya tergantung kita mau membiasakan atau tidak. Karena bisa itu karena terbiasa, betul tidak? Tips dari saya adalah saat melakukan push up adalah memulai dengan yang paling mudah seperti push up di dinding setelah sudah terbiasa baru melanjutkan push up dengan beberapa teknik push up yang lebih ekstrim.

Sekian saja dulu trik dan tips buat push up, nantikan tips dan trik laiinya. Bila ingin request silahkan layangkan di kolom komentar ya. 

Post a Comment

0 Comments