Pengertian Pencak Silat

Ilustrasi
Pengertian Pencak Silat adalah sebuah kesenian dan kebudayaan asli dari Indonesia. Dari sabang sampai merauke terdapat banyak ragam kesenian pencak silat. Dan disetiap daerah pencak silat sendiri mempunyai banyak arti. 

Contohnya para pakar pencak silat Indonesia mempunyai pengertian yang berbeda, siapa sajakah beliau? 

1. Abdus Syukur (Maryono 1998) menyatakan pencak adalah gerakan langkah keindahan dengan menghindar, yang disertakan gerakan berunsur komedi. Pencak dapat dipertontonkan sebagai sarana hiburan. 
Sedangkan, Silat adalah unsur teknik beladiri menangkis, menyerang dan mengunci yang tidak dapat diperagakan di depan umum. 
2. Mr. Wongsonegoro ketua IPSI yang pertama mengatakan bahwa pencak adalah gerakan serang bela, berupa tarian dan berirama dengan peraturan adat kesopanan tertentu, yang dipertunjukkan didepan umum. Silat sendiri menurut beliau adalah inti sari dari pencak, yakni kemahiran untuk tujuan perkelahian atau membela diri mati-matian yang tidak dapat dipertunkan di depan umum. 
3. iman Koesoepangat, mengatakan pencak merupakan gerak beladiri tanpa lawan, semeotara silat sebagai bela diri yang tidak boleh dipertandingkan. 
4. Maryono menyimpulkan, bahwa yang menjadi kriteria untuk membedakan arti Pencak Silat adalah apakah sebuah gerakan itu boleh dipertontonkan atau tidak. 

Karena saking banyak pendapat mengengenai pengertian pencak silat, para tokoh pendiri IPSI sepakat untuk menyimpulkan pengertian pencak silat. Kata pencak dan silat mengandung pengertian kerohanian, irama, keindahan dan teknik maupun praktek. 

Dan pada tahun 1975 disepakati bahwa pengertian pencak silat adalah hasil budaya manusia Indönesia untuk membela, mempertahankan kemandiriannya dan manunggal terhadap lingkungan hidup pada alam sekitar untuk mencapai keselarasan hidup guna meningkatkan iman dan taqwa kepada TUHAN Yang Maha Esa. 

Bila saya ditanya mengenai pengertian pencak silat saya akan jawab : adalah beladiri yang digunakan untuk menjaga diri dan yang dihiasi dengan seni. Dan Silat Sendiri adalah kepanjangan dari Silaturahmi.

kalo pendapat kamu, pengertian pencak silat adalah........?

Post a Comment

0 Comments